in

Baliho Pilpres di Jombang Dicoret Tulisan PKI

Baleho Jokowi dan Ma'ruf Amin di Coret PKI - FOTO/Sumogambar/Fredi

sumogambar – Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho milik Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01Jokowi – KH Ma’ruf Amin dicoret dengan tulisan PKI. Tulisan tersebut diketahui oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Wonosalam hari Jumat 1 Maret 2019 sore hari. Lokasi persis dari temuan berada di pertigaan Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Temuan pertama kali diketahui sesaat setelah Panitia Pengawas Desa (PPD) melakukan inventarisasi APK yang terpasang disejumlah tempat. Upaya melakukan dokumentasi APK di beberapa titik oleh Panwaslu seperti biasa secara reguler dilakukan. Hasil dokumentasi kemudian dikumpulkan disekretariat Panwas Kecamatan. Saat memeriksa sejumlah gambar, ternyata terdapat baliho di lokasi Desa Panglungan terdapat Baliho milik Paslon Nomor 01 bertuliskan PKI.

Ketua Panwas Kecamatan Wonosalam, Suyanto mengatakan menurut laporan PPD kami kemarin telah ditemukan baliho milik pasangan 01 bertuliskan PKI dibawahnya. Dilihat sepintas tidak nampak, tetapi jika dilihat jarak dekat itu nampak.

“Menurut laporan dari PPD kami, kemarin (Jumat, 1/3/2019, red) itu ditemukan salah satu baliho Capres 01 bertuliskan PKI dibawahnya,” Kata Suyanto kepada awak media, Sabtu (2/3/2019).

Menurut Suyanto, pihaknya sudah melakukan investigasi dan sudah dilaporkan ke Panwas Kabupaten. Setelah ada laporan dari PPD Kami kita lakukan tindak lanjut ke lapangan. Selanjutnya kita investigasi orang disekitar baliho, ternyata tidak tahu. Lokasi persis baliho di pertigaan Desa Panglungan, jalur alternatif menuju Mojoagung dan Mojokerto.

Lebih lanjut, Suyanto selaku ketua Panwas sesaat setelah temuan melakukan pengecekan kembali. Usai laporan dari PPD tersebut, semua PPD yang ada dikumpulkan dan melakukan pengecekan ke sejumlah tempat keberadaan APK. Hasil dari pengecekan ternyata hanya satu baliho yang dicoret bertuliskan PKI, sementara APK lainnya tidak ada.

Keberadaan baliho dicoret tulisan PKI sudah diketahui pihak terkait. Selain koramil, kepolisian dan PAC PKB  Wonosalam sudah menghubungi pihak Panwaslu Kecamatan. Konfirmasi tersebut terjadi usai koordinasi ditingkatan PPD dilakukan. Sejauh ini baru lembaga tersebut, terkait Tim Kampanye Daerah (TKD) Paslon 01 Kabupaten Jombang belum ada berkomunikasi dengan Panwaslu Kecamatan Wonosalam.

“Koramil, kepolisian dan PAC PKB Wonosalam yang sudah menghubungi kami. Kalau TKD belum ada komunikasi,” terang Suyanto.

Mengenaik keberadaan baliho tersebut, Suyanto mengatakan jika tidak salah sudah terpasang sejak hari Senin, 25 Februari 2019. Laporan masuk dari PPD hari rabu, waktu itu belum ada tanda-tanda dicoret. Setiap dua minggu sekali PPD memberika laporan. Pas hari Jumat itu, baliho bertuliskan PKI ditemukan. Mengenai tulisan PKI berada di pojok yang ada bertuliskan kosong satu.

Berdasarkan pantauan dilapangan, baliho berukuran 3 x 2 meter terpasang berdiri diantara dua batang bambu penyangga. Lokasi persisnya di ujung pertigaan didepan salah sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Faser Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam. Jika dilihat dari depan, baliho yang bergambar Jokowi – KH Ma’ruf Amin terlihat tidak ada yang janggal. Namun ketika didekati lebih dekat pada pojok bawah sebelah kanan, tepatnya pada tulisan 01 terdapat bekas Coretan bertuliskan PKI wana merah namun terlihat agak kabur.

Ketika kami pastikan dengan lebih dekat, ada bercak merah bekas dicoret. Diduga ada bekas upaya penghapusan coretan PKI tersebut karena disekitar lokasi terdapat serpihan-serpihan tisu yang digunakan untuk menghapus coretan. Karena tisu putih tersebut tampak lusuh dan ada bekas warna merah identik dengan warna tulisan PKI di baliho. Sejauh ini baliho masih terpasang tegak dilokasi awal, belum ada tanda-tanda bergeser atau ada tindakan dari pihak-pihak terkait, hanya ada bekas tulisan samar-samar bertuliskan PKI dan serpihan tisu ada bercak warna merah serta satu botol bekas bungkus air mineral.

Bagikan:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Teman Sepermainan: Bully Berujung Hilangnya Nyawa

Pentas Durian Wonosalam, Unjuk Gigi Durian Lokal